Sabtu, 11 Juli 2015

EDISI RAMADHAN BERSAMA KWT DAN GAPOKTAN

Pada bulan Juni 2015 bertepatan dengan bulan ramadhan 1436 H, BPP Pare Kabupaten Kediri dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan tetap mengedepankan kepentingan tugas dinas disamping melaksanakan kegiatan pribadi untuk menjalankan ibadah puasa.
Mulai tanggal 23 Juni s/d 25 Juni 2015 secara berturut-turut telah melaksanakan pembinaan kepada Kelompok Wanita Tani ( KWT ) tentang pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan.


Diawali pada hari Selasa 23 Juni 2015 bertempat di Balai Desa Tertek, Kecamatan Pare telah dilaksanakan pembinaan kepada Anggota KWT “Sinar Gemilang” Desa Tertek. Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala BKP3 Kabupaten Kediri, Camat Pare di wakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pare dan segenap Penyuluh Pertanian BPP Pare, Kepala Desa dan Perangkat Desa Tertek.
Kepala BKP3 Kabupaten Kediri ( Bpk. Ir. Junadi, MMA.) menyampaikan bahwa : ”Keberhasilan kegiatan pemanfaatan pekarangan melalui konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL) sangat ditentukan oleh kerjasama, komitmen dan dukungan yang sinergis oleh seluruh pemangku kepentingan mulai dari tingkat lapangan, desa, kecamatan maupun kabupaten sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses”.
Selanjutnya kata sambutan Camat Pare yang disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pare (Bpk. Firman Tappa, S.Sos.) mengatakan bahwa : 1).Kegiatan semacam ini agar betul-betul dirasakan manfaatnya oleh anggota KWT; 2).Pembangunan fisik itu penting, tetapi pembangunan SDM itu juga lebih penting, sehingga kedepan bisa direncanakan kegiatannya melalui pemerintah desa.
Kemudian pembinaan teknis pemanfaatan pekarangan disampaikan oleh Penyuluh Pendamping Desa Tertek (Sri Hadiawati, SP.), sedangkan teknis pengembangan KRPL disampaikan oleh Koordinator BPP Pare (Setiono, SP.)

Berikutnya pada Hari Rabu 24 Juni 2015 bertempat di Sekretariat KRPL Dusun Puhrejo Desa Tulungrejo telah dilaksanakan pembinaan kepada anggota KWT “Sri Rejeki” Desa Tulungrejo.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Kasubid. Konsumsi Mutu dan Ketersediaan Pangan BKP3 Kabupaten Kediri  ( Bpk. Faezal Fanani, SP.), Koordinator BPP Pare dan Penyuluh Pendamping KRPL Desa Tulungrejo (Lilik Puspitarini, SP.). Materi tentang  pemanfaatan pekarangan disajikan oleh Penyuluh Pendamping dan materi pengembangan KRPL disampaikan oleh Koordinator BPP Pare.

Berikutnya pada hari Kamis 25 Juni 2015 bertempat di Balai Desa Darungan telah dilaksanakan pembinaan kepada anggota KWT “Harum Melati” Desa Darungan. Dalam acara tersebut hadir Kasubid Konsumsi Mutu dan Ketersediaan Pangan BKP3 Kab Kediri  (Bpk. Faezal Fanani, SP.), Koordinator BPP Pare dan Penyuluh Pendamping KRPL Desa Darungan ( Suwito, SP.), Kepala Desa Darungan, Ketua TP-PKK Desa Darungan, Ketua Gapoktan dan Poktan Desa Darungan.

Materi yang disampaikan sama dengan dua KWT sebelumnya ditambah dengan kegiatan praktek pembuatan media tanam polybag yang di pandu oleh Penyuluh Pendamping KRPL Desa Darungan (Suwito, SP.).



Ketiga Kelompok Wanita Tani tersebut setelah mendapatkan pembinaan dan motivasi, mereka secara sukarela akan bersedia mengembangkan kegiatan penanaman di lahan pekarangan baik berupa tanaman sayuran maupun buah-buahan.
Dengan pembinaan dan pendampingan secara berkelanjutan diharapkan akan tetap memberikan sport dan dukungan untuk lebih memacu percepatan ketersediaan pangan di desa.


Selain kegiatan tersebut diatas, BPP Pare juga melaksanakan pembinaan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Pelem Makmur” Desa Pelem agar mampu meningkatkan kinerjanya dibidang pengelolaan keuangan gapoktan.
Pembinaan dilaksanakan di ruang pertemuan BPP Pare dengan menghadirkan pengurus gapoktan, poktan dan KWT dengan memberikan materi teknis tentang pengelolaan keuangan gapoktan sesuai dengan teknis-teknis perkoperasian.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Bidang Pengembangan Kelembagaan Petani BKP3 Kab. Kediri (Bpk.Andre Wardoyo, STP.), Kepala Desa Pelem dan Subdin Koperasi Dinas Koperindag Kabupaten Kediri.
Dari acara pembinaan juga diadakan diskusi tentang pembentukan koperasi tani, sehingga semua yang hadir sepakat untuk membentuk koperasi tani setelah selesai lebaran.

Pada kesempatan lain telah dilakukan kerjasama antara BPP Pare dengan Penyuluh Swasta dari PT EWSI Cap Panah Merah untuk mengadakan pembinaan kepada anggota KWT dengan mengambil tempat dimasing-masing wilayah KWT dengan maksud untuk meningkatkan ketrampilan anggota KWT tentang teknis budidaya sayuran bagi anggota KWT “Sri Rejeki” Desa Tulungrejo http://m.facebook.com/story,php?story_fbid=844398698977588&id=100002223968251  dan teknis pembuatan minuman sehat berupa jus “Tosa Pelangi” (Tomat Sawi Apel dengan tampilan menyerupai pelangi )  bagi anggota KWT “Sinar Gemilang” Desa Tertek  http://bpp-parekediri.blogspot.sg/2015/06/kwt-sinar-gemilang-mengikuti-pelatihan.html?m=1 .

Oleh : Setiono
Foto by Setiono, Wati, & Lilik 

1 komentar:

  1. alhamdulillah berkat kerjasama semua teman dan berbagai fihak, kegiatan bisa lancar dan sukses.

    BalasHapus