Rabu, 24 Desember 2014

SOSIALISASI PEMANFAATAN PEKARANGAN UNTUK PENGENBANGAN PANGAN DI DESA DARUNGAN, KECAMATAN PARE, KABUPATEN KEDIRI



Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Kediri pada hari Rabu 24 Desember 2014 mengadakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Darungan Kecamatan Pare yang di ikuti oleh 3 Kelompok Wanita Tani (KWT), yaitu KWT Harum Melati Desa Darungan, KWT Sinar Gemilang Desa Tertek dan KWT Sri Rejeki dari Desa Tulungrejo serta diikuti pula oleh tokoh masyarakat, perangkat desa setempat. Pelaksanaan sosialisasi dibantu oleh para Penyuluh Pertanian BPP Pare dan Kepala Desa Darungan sehingga bisa lebih memperlancar pelaksanaan kegiatan.
Kegiatan sosialisasi dipimpin oleh Kepala Bidang Ketersediaan, Distribusi dan Kerawanan Pangan BKP3 Kab Kediri ( Ir. Junadi, MMA.). Dalam kegiatan sosialisasi juga disampaikan materi teknis oleh narasumber dengan materi tentang : Pengertian, Tujuan dan Prinsip Rumah Pangan Lestari; Teknis Pembibitan Tanaman Sayuran; dan Budidaya Ikan Lele. Situasi kegiatan sosialisasi sangat padat yang diikuti peserta dengan respons yg tinggi dan diselingi dengan sharing antar pengurus KWT dalam mengembangkan dan mengelola kawasan rumah pangan lestari agar bisa berhasil dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk memperkuat ketahanan dan ketersediaan pangan.
Dalam program ini diberikan stimulan berupa sarana produksi (saprodi) untuk plot percontohan berlokasi di 3 KWT dengan jumlah 15 unit setiap KWT. Sarana produksi tersebut berupa benih sayuran, bibit ikan lele, pakan ikan dan terpal sebagai bahan untuk pembuatan kolam ikan lele. Satu hari sebelum pelaksabaan sosialisasi sebagian saprodi sudah dikirim kelokasi demplot di masing-2 KWT.

Selesai pelaksanaan sosialisasi akan ditindaklanjuti dengan kegiatan pendampingan oleh masing-masing PPL Pendamping agar pelaksanaan kegiatan semua KWT bisa lancar dan sukses. (tio)

3 komentar:

  1. hmm..serru bgt nich..lanjutkan ..

    BalasHapus
  2. Terimakasih dorongan semangat, semoga sama-sama semangat untuk maju..

    BalasHapus