Jumat, 19 Desember 2014

PERTEMUAN KOORDINASI PENYUSUNAN PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN BPP KECAMATAN PARE TAHUN 2015


Pada hari Kamis tanggal 18 Desember 2014 telah dilaksanakan pertemuan pentusunan programa penyuluhan BPP Pare Tahun 2015. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Pengurus Gapoktan / Poktan, Pengurus KTNA Tingkat Kecanatan, Petugas Teknis Lingkup Pertanian dan Para Penyuluh Pertanian yang dilaksanakan di ruang pertemuan BPP Kec Pare. Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Pejabat BKP3 Kabupaten Kediri, yaitu Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan ( Ir. H. Suko Budiono, MM ) dan Pejabat Fungsional ( Suparno, MMA, MH.)

Dalam mengawali pertemuan tersebut disampaikan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Pare (Setiono, SP.), bahwa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, BPP Pare telah banyak dibantu oleh para Ketua Poktan, Gapoktan dan KTNA yg tetap bersemangat dalam melaksakan kegiatan dilapangan bersama dengan petani anggota kelompoknya, walaupun mengalami beberapa situasi yg cukup sulit, antara lain pernah mengalami kendala kekurangan pupuk, terjadinya serangan hama dan penyakit tanaman, turunnya harga jual pada saat panen raya dan lain lain.

Selanjutnya Koordinator BPP Pare juga menambahkan penjelasannya bahwa untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap petani maupun PPL BPP Pare telah banyak di fasilitasi oleh BKP3 Kabupaten Kediri berupa alat media penyuluhan antara lain wireless, fasiltas internet (modem, laptop dan antene hotspot ), bahan pustaka dan lain2. Selain itu Pemerintah Kabupaten Kediri juga mendukung fasilitas praktek berupa lahan praktek dan screen house  berada di lahan BPP, yg saat ini bangunan screen house masih dalam proses pembuatan ditargetkan akhir tahun 2014  sudah bisa dimanfaatkan oleh para petani dan petugas.


Kemudian Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan BKP3 Kabupaten Kediri (Ir.H. Suko Budiono, MM.) dalam arahannya menyampaikan bahwa : memberikan apresiasi atas kegiatan para ketua poktan, gapoktan dan Penyuluh BPP Pare yang responsif terhadap situasi dalam melaksanakan kegiatan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.
Selanjutnya Pejabat Fungsional BKP3 Kabupaten Kediri juga memberikan arahan bahwa : ketua poktan / gapoktan yang diundang dalam penyusunan programa adalah para tokoh yang dianggap mampu mewakili petani diwilayahnya untuk bermusyawarah di BPP dalam rangka penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat kecamatan sehingga pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian sesuai dengan harapan para petani anggota kelompok tani”.
Pelaksanaan penyusunan programa dipimpin oleh Koordinator BPP Pare dengan mereview dan mengingatkan kembali sesuai Permentan Nomor 25 tahun 2009 bahwa isi programa penyuluhan akan lebih banyak memuat tentang upaya meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap para petani dalam meng-adopsi inovasi agrobisnis dalam aspek teknis, ekonomis dan sosial (kelompok).
Selanjutnya disampaikan juga bahwa penyusunan programa perlu mensinergiskan beberapa unsur dam penyusunan programa antara lain potensi agroekosistem wilayah, aspirasi petani, komuditas unggulan dan program pembangunan baik program pemerintah daerah maupun pusat.  Selain itu dalam penyusunan programa perlu merangkum secara tepat dalam menggambarkan data keadaan, tujuan yang ingin dicapai, permasalahan yang dihadapi dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga programa penyuluhan pertanian dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan waktu yang telah ditetapkan.
Dalam proses diskusi banyak saran dan pendapat yang telah disampaikan baik oleh petani maupun petugas.
Sebagai kelanjutan dalam penyusunan programa bersama tokoh petani, kemudian dilanjutkan pada hari Jum’at tanggal 19 Desember 2014 dengan mendiskusikan dan mengkoordinasikan bersama para petugas lingkup kecamatan antara lain : Mantri Pertanian, Petugas Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), Mantri Perkebunan dan Kehutanan, Mantri Peternakan dan Perikanan, serta semua Penyuluh Pertanian BPP Pare, untuk selanjutnya disusun dalam sebuah buku Programa Penyuluhan BPP.




Lahan praktek kandang ayam diatas kolam lele kerjasama dengan poktan.

3 komentar:

  1. Mantap... Lanjutkan supported by PT BASF INDONESIA

    BalasHapus
  2. Trimakasih Pak Besut... nanti bareng-2 bersama penjenengan juga...

    BalasHapus