Selasa, 29 Desember 2015

PEMBINAAN KEGIATAN KARANG KITRI DI WILAYAH BPP KECAMATAN PARE

Oleh : ADMIN

Pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga, diantaranya melalui kegiatan karang kitri. Dalam kegiatan ini setiap rumah tangga diharapkan mampu memelihara tanaman sayur, buah , dan toga untuk memenuhi kebutuhan gizi serta sebagai upaya lumbung pangan dan diversifikasi pangan keluarga. Dalam rangka kegiatan tersebut BPP Pare melaksanakan pendampingan dan pembinaan di lima wilayah Dasa Wisma Desa, yaitu Desa Tulungrejo, Desa Gedangsewu, Desa Tertek, Desa Darungan, dan Desa Sumberbendo.

Pembinaan dan pendampingan di masing-masing dasa wisma dilakukan secara terjadwal oleh masing-masing pendamping dari Penyuluh BPP Pare melalui praktek membuat media tanam dan pembibitan  sayur-sayuran serta membuat tanaman buah dalam pot. Pembinaan di Dasa Wisma  Desa Gedangsewu dilaksanakan pada tanggal 25 November 2015, Dasa Wisma Sumber Ayem Desa Sumberbendo pada tanggal 28 November 2015, Dasa Wisma Desa Tertek pada tanggal 4 Desember 2015, Dasa Wisma Desa Tulungrejo pada tanggal 4 dan 10 Desember 2015, serta Dasa Wisma Desa Darungan pada tanggal 12 Desember 2015.

Fasilitasi yang telah diterima oleh masing-masing Dasa Wisma Desa antara lain screen house untuk Kebun Bibit Desa (KBD), sarana produksi (pupuk organik dan kimia, POC, polybag, pompa air, selang air, paralon, hand sprayer, cangkul), benih sayur-sayuran (bunga  kol, tomat, timun, bayam, kacang panjang, kangkung, kubis, mentimun, sawi, terong, pare) bibit buah-buahan ( belimbing buah, jambu biji merah,, jeruk purut, jeruk nipis), dan tanaman obat (jahe merah, kencur, lengkuas, lidah buaya, dan sirih merah).

Peserta pada kegiatan ini umumnya adalah para ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok wanita tani, PKK, dan Dasa Wisma Desa. Semoga dengan adanya kegiatan ini memberikan semangat kepada ibu-ibu untuk memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumahnya sehingga mampumenciptakan suatu kawasan yang asri dan lestari sebagai sumber gizi dan lumbung pangan keluarga.

Dokumentasi Kegiatan Pembinaan Karang Kitri :


Dasa Wisma Desa Gedangsewu
Dasa Wisma Desa Darungan
Dasa Wisma Desa Tulungrejo

Dasa Wisma Desa Tertek
Dasa Wisma Sumber Ayem Desa Sumberbendo


Foto by Setiono

2 komentar:

  1. Tetap semangat untuk memperoleh pangan yg berkualitas...

    BalasHapus