Selasa, 13 Oktober 2015

WISATA PETIK STRAWBERRY LERENG KELUD


Bertempat di lereng Gunung Kelud, tepatnya di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri area wisata ini terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Petugas Lingkup Pertanian Kecamatan Pare mengunjungi area wisata ini pada hari Kamis, 8 Oktober 2015. Dengan di pandu dan didampingi oleh salah seorang PPL dari BPP Kecamatan Ngancar, melihat-lihat secara langsung pengembangan kebun bibit dan buah strawberry dilahan Bapak Sarianto yang juga memiliki usaha pembuatan jamu instan.



Wisata Petik Strawberry di Kecamatan Ngancar sangatlah menyenangkan dan bisa dijadikan referensi tempat kunjungan wisata keluarga. Selain Wisata Petik milik Bapak Sarianto, melihat juga tempat yang lain diantaranya milik KWT "Kitri Lestari" Desa Sugihwaras yang dikembangkan melalui program KRPL.


Penyuluh/Petugas Pertanian dari BPP Pare berkunjung ke lokasi ini bertujuan untuk melihat dan belajar dari dekat tentang budidaya dan pengembangan strawberry yang selanjutnya untuk dikembangkan di area BPP Kecamatan Pare maupun di lokasi KWT dan Kelompoktani.


Partisipasi aktif berbagai pihak sangat diperlukan untuk mempromosikan area wisata ini. Peran aktif warga sekitar untuk mendukung pengembangan ini juga perlu ditingkatkan untuk mempercepat perkembangan area yang ada sehingga menjadi lebih luas dan lebih variatif.


Beberapa varietas yang dikembangkan diarea wisata ini antara lain Sweet Charlie, Festival, Early Brite, dan Holland.  Sweet Charlie merupakan varietas strawberry yang ditanam secara luas di dunia karena cepat berubuah, ukuran buah besar dengan warna jingga sampai merah, memiliki aroma kuat, sangat produktif dan tahan terhadap serangan Colletotrichum. Varietas Festival memiliki ciri khas buah berwarna merah sangat tua, permukaan kulit lebih tebal, daya tahan lebih tinggi, jika dimakan jauh lebih renyah, dan memiliki kadar vitamin C lebih tinggi. Varietas Early Brite merupakan kultivar tanaman strawberry hari pendek yang memiliki habitus tanaman lebih rapat dibandingkan dengan Sweet Charlie sehingga membuat buah lebih mudah terlihat. Akan tetapi tanaman ini rentan terhadap terpaan air hujan yang dapat mengakibatkan buah seperti retak atau tergores. Kultivar ini memilki buah yang berwarna merah terang, tekstur buah lebih keras, beraroma harum dan berukuran lebih besar. Varietas Holland memiliki bentuk buah agak membulat (glubosa), frekuensi waktu berbuah agak lama namun menghasilkan buah yang agak besar.



Disusun Oleh : Tim BPP Pare
Foto by Setiono 


Referensi :
http://stro-beri.com/varietas-stroberi/#ixzz3oKGvNKls).
http://andreasisardi.blogspot.co.id/2008_08_01_archive.html?m=1
http://bibit bunga.com/strawberry-earlybrite/
http://8penjuruangin.blogspot.co.id/2011/07/petik-strawberry-sendiri-di-ciwidey.html?m=1










1 komentar:

  1. Strawbery buah yg juga indah dipandang sebagai penghias halaman..

    BalasHapus