Rabu, 11 Februari 2015

Pelatihan Petani Hortikultura (Training of Famers)

BPP Pare bekerjasama dengan Petugas PT East West Seed Indonesia (EWINDO) Cap Panah Merah, mengadakan kegiatan training of famers (TOF) atau pelatihan kepada petani yang dikususkan kepada petani hortikultura sayuran.
Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hasil koordinasi teknis yang memang mempunyai kegiatan sejalan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani dalam penerapan inovasi teknologi tanaman hortikultura sayuran dataran rendah, sehingga sepakat untuk bekerjasama mengadakan kegiatan ToF di BPP Pare.
Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Selasa dan Rabu tanggal 10 dan 11 Pebruari 2015 yang setiap hari dilaksanakan pada jam 09.00 s/d jam 14.00.
Pada hari ke-1 menyajikan materi tentang hama penyakit tanaman, PHT sayuran dan teknik aplikasi pestisida sesuai mode of action (MoA). Selanjutnya pada hari ke- 2 menyajikan materi tentang seputar nutrisi tanaman antara lain metode perhitungan pemupukan, pH tanah dll.
Cara kerja atau Mode of Action adalah kemampuan pestisida dalam mematikan hama atau penyakit sasaran menurut cara masuknya bahan beracun kedalam jasad hama atau penyakit sasaran.
Peserta ToF dipilih dari petani yang pernah dan sedang menanam hortikultura sayuran, sehingga materi yang disampaikan betul-2 bermanfaat dan langsung bisa diterapkan dilapangan oleh petani.
Metode yang digunakan dalam kegiatan ToF adalah ceramah, diskusi, curah pendapat dan praktek lapangan dengan mengukur tingkat keasaman (pH) tanah. Disamping itu peserta juga diajak untuk refreshing dengan dinamika kelompok.


Selama mengikuti training of famers (ToF) petani sangat antusias dan responsif terbukti aktifitas yang dinamis dengan memberikan feedback dalam diskusi.
Sebagai tindak lanjut dilapangan akan dilakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani dalam agribisnis hortikultura/ tim.

Picture by : Setiono dkk.

3 komentar:

  1. Sip sip sip ... semoga sukses selalu amin.

    BalasHapus
  2. Lebih siiip lagi andaikan...........

    BalasHapus
  3. SAya membutuhkan buah sirsak baik beku atau fresh, mohon infonya jika ada petani sirsak bisa sms ke 081234563954

    BalasHapus